Selasa, 13 Desember 2016

Pentingnya Menjemur Bantal dan Kasur Secara Rutin


Saat ini banyak dari kita yang disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti belajar, bekerja dan aktivitas lainnya, sehingga kita lupa untuk menjaga kebersihan bantal dan kasur yang kita gunakan siang dan malam hari. Padahal tempat untuk melepas penat usai beraktivitas tersebut, belum tentu bersih karena kuman yang menempel di bantal dan kasur bisa menyebabkan kesehatan kita menjadi terganggu. Untuk itu penting bagi kita untuk membiasakan hal-hal kecil agar tidak menimbulkan dampak besar. Berikut uraian tentang pentingnya menjemur bantal dan kasur secara rutin.

1.      Meningkatkan Volume
Bantal, guling dan kasur akan mulai kehilangan sedikit demi sedikit volumenya dalam jangka waktu tertentu. Anda bisa mengembalikannya kembali ke bentuk awal dan lebih awet dipakai, caranya dengan menjemurnya di bawah terik matahari.

2.      Menghilangkan Debu yang Mengendap
Panas matahari bisa menghilangkan debu yang tak kasat mata di bantal dan kasur kita. Dengan demikian akan menghindarkan dari gatal dan penyakit kulit, bahkan penyakit paru-paru. Caranya, dengan memukulkan kayu atau benda kuat ke arah bantal dan kasur, hingga terlihat debu-debu yang menempel beterbangan. Sembari melakukan hal tersebut alangkah baiknya, Anda menutup hidung agar debu tersebut tidak terhirup.

3.      Mengurangi Lembab
Lembab bisa terjadi karena suhu ruangan kamar, udara, ompol, bekas basahan lain dan sebagainya. Akibatnya bantal dan kasur Anda berbau tak sedap. Untuk itu, Anda perlu menjemur kasur Andaagar  lebih kering dan nyaman, juga menghalau tumbuhnya jamur pada permukaan bantal dan kasur.

4.      Membuat Tidur Lebih Nyaman
Dengan bantal dan kasur yang rajin dijemur, tidur akan terasa lebih nyaman. Tidak ada aroma lembab, kasur dan bantal tidak keras dan tidak ada rasa gatal yang mengganggu di kulit.

5.      Mencegah Sakit Leher
Kerap kali kita merasa sakit leher, mungkin bantal yang kurang dijemur. Coba jemur bantal Anda selama beberapa waktu. Setelah agak mengembang dan hangat, bisa digunakan untuk tidur dan rasanya akan lebih nyaman digunakan.
Itulah manfaat menjemur bantal dan kasur. Coba jemur minimal bantal Anda seminggu sekali di akhir pekan. Tidur jadi lebih nyenyak dan menyehatkan. Selamat mencoba. Rizka(Diolah dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar